Ternyata Tanpa Disadari 4 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Usus Buntu


Usus buntu merupakan kondisi dimana terbentuk sebuah struktur yang menyerupai selang kecil dan menempel pada dinding usus besar. Fungsi utama dari stuktur kecil tersebut sampai saat ini belum dapat dipastikan dengan jelas, namun, jika area tersebut terjadi penyumbatan akibat faktor tertentu atau peradangan yang berulang, maka akan menjadi penyebab usus buntu dan berujung pada penyakit radang usus buntu. Dalam dunia medis gangguan kesehatan yang satu ini disebut dengan appendicitis dan para pria memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terkena penyakit tersebut dikarenakan berbagai faktor.

Ada banyak alasan mengapa penyakit radang usus ini menimpa Anda seperti terdapat benda asing yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh, feses yang mengeras, maupun berbagai penyebab lain seperti adanya sel kanker didalam usus yang menyebabkan penyumbatan. Umumnya akibat dari penyumbatan tersebut, baik hanya sebagian usus maupun keseluruhan jika tidak segera ditangani, maka akan menjadi rumah bagi bakteri yang dapat berkembang biak dengan cepat.

Jika sudah sampai pada fase dimana usus buntu tertutup penuh oleh penyumbatan, dan infeksi bakteri semakin menjadi seperti membengkak bahkan di penuhi nanah, biasanya penderita penyakit ini akan mengalami sakit perut bagian kanan bawah yang terasa sakit luar biasa. Oleh sebab itu, biasanya pada fase ini tindakan operasi adalah langkah terbaik untuk melakukan penyembuhan. Selain beberapa penyebab di atas, sebenarnya ada 4 kebiasaan yang menjadi faktor pemicu radang usus buntu dan jarang di sadari, antara lain:

1. Infeksi virus.
Penyebab utama yang paling sering terjadi pada para penderita usus buntu adalah terdapat bakteri E Colli yang sudah berkembang biak, sehingga memicu terjadinya infeksi virus pada bagian usus buntu. Bakteri jenis ini juga dapat menyebar dengan cepat ke seluruh area tubuh dan menyebabkan peradangan disertai pembengkakan sehingga harus segera di tangani.

2. Kurang asupan serat.
Sebenarnya makanan tidak menjadi penyebab usus buntu secara umum. Akan tetapi, jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan kurang serat, maka akan membuat organ pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik sehingga menyumbat area usus buntu.

3. Terjadi benturan pada perut.
Pada beberapa kasus pasien radang usus buntu yang pernah mengalami cedera, luka maupun terkena benturan benda tumpul pada area usus buntu, maka kemungkinan terjadinya penyakit ini menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan berbagai kondisi tersebut semakin lama akan memicu terjadinya pembengkakan yang diikuti gejala infeksi.

4. Genetik.
Belum banyak diketahui bahwa genetik menjadi salah satu faktor penyakit ini dapat menyerang para penderitanya. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar pasien usus buntu disebabkan faktor genetik yang tidak bisa di hindari.

Biasanya gejala usus buntu akan muncul pada fase 24 jam pertama, kemudian setelah itu pada masa berikutnya dimana infeksi mulai menyerang bagian usus buntu, maka Anda akan mengalami nyeri dan sakit perut hebat karena infeksi yang sudah semakin bertambah parah. Berbagai gejala umum yang sering terjadi adalah seperti demam yang tidak kunjung sembuh, tidak bisa kentut dan badan terasa lemas.

Demikian ulasan mengenai 4 kebiasaan yang menjadi penyebab usus buntu dan sering tidak disadari. Meskipun tidak masuk dalam kategori berbahaya, namun Anda perlu mengantisipasi agar terhindar dari penyakit ini seperti dengan menjaga asupan makanan bergizi dan berserat tinggi, menjaga perut Anda dari berbagai benturan serta memastikan tingkat kebersihan diri maupun lingkungan tempat tinggal.

Ternyata Tanpa Disadari 4 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Usus Buntu Ternyata Tanpa Disadari 4 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Usus Buntu Reviewed by Admin on 00.49 Rating: 5

Tidak ada komentar